7 Tips Memilih Asuransi Sepeda Motor yang Bagus

Asuransi Sepeda Motor kini semakin di minati oleh masyarakat kendati semakin hari semakin bertambahnya jenis kendaraan sepeda motor di Indonesia, padatnya lalu lintas kendaraan sepeda motor di jalan membuat resiko kecelakaan dihadapi semakin besar.

Kecelakaan memicu kerugian diantaranya kerusakan, luka-luka bahkan sampai meninggal dunia. Selain tingkat kecelakaan semakin besar, bertambahnya kendaraan juga memicu tingkat keriminalitas seperti pencurian kendaraan sepeda motor.


Menghadapi segala resiko tersebut, kini tingkat kesadaran dan minat masyarakat semakin meningkat untuk menjadi nasabah Asuransi kendaraan sepeda bermotor karena betapa banyaknya manfaat yang di peroleh setelah mengasuransikan kendaraan sepeda bermotornya.

Sadarnya akan pentingnya Asuransi kendaraan sepeda motor, kini banyak masyarakat mulai mencari Asuransi yang bagus dan terpercaya. Oleh karena itu, disini saya akan berbagi tips memilih Asuransi kendaraan sepeda motor yang bagus dan terpercaya :

1. Mengumpulkan Banyak Informasi
Sebelum menjatuhkan pilihan untuk bergabung menjadi nasabah Asuransi, hendaknya terlebih dahulu untuk mengumpulkan banyak informasi berkaitan dengan perusahaan Asuransi yang akan dipilih. Kumpulkan informasi dari internet, brosur, surat kabar dan juga bertanya langsung kepada rekan yang sudah pernah bergabung atau sedang bergabung dengan perusahaan Asuransi tersebut. Buatlah perbandingan mengenai kelebihan dan kekurangannya, pelajari juga cara kliam pada perusahaan Asuransi tersebut agar cepat cair.

2. Pilihlah Perusahaan Asuransi yang Bonafid
Tips berikutnya mencari perusahaan Asuransi Motor yang bagus yaitu dengan memilih perusahaan Asuransi yang Bonafit. Cari informasi mengenai perusahaan Asuransi motor tersebut dan pastikan perusahaan asuransi motor yang dipilih memang sudah ahli dibidangnya serta pastikan juga bahwa perusahaan Asuransi tersebut sudah memiliki banyak unit link di berbagai wilayah.

Banyaknya unit link atau cabang menunjukkan bahwa perusahaan Asuransi tersebut Bonafit, karena kita bisa dengan mudah mengajukan klaim Asuransi. Pelajari juga apakah saat mengajukan klaim kepada perusahaan Asuransi dapat terseleiakan dengan baik tanpa ribet.

3. Mencari Informasi pada Dealer Motor
Mencari informasi perusahaan Asuransi melalui media atau rekan, diperlukan juga mencari informasi Asuransi kepada dealer resmi tempat Anda membeli kendaraan sepeda motor. Karena biasanya dealer motor sudah memiliki banyak pengalaman dalam berkerja sama dengan perusahaan Asuransi serta berpengalaman juga menangani konsumen yang sedang mencari perusahaan Asuransi Motor bagus dan terbaik, ini juga bisa di jadikan referensi untuk Anda saat menjatuhkan pilihan kepada perusahaan Asuransi yang tepat.

4. Pilih Jenis Asuransi Sesuai Keadaan Motor
Sebelum menjatuhakn pilihan kepada perusahaan Asuransi motor bagus dan baik, baiknya Anda pahami dulu jenis Asuransi yang ditawarkan. Pada umumnya, ada dua jenis Asuransi motor yaitu :
  • TLO (Total LostOnly)
    Asuransi TLO adalah jenis Asuransi yang menjamin risiko kerugian karena motor hilang (dicuri atau dirampas), serta terjadi kecelakaan menyebabkan kerusakan motor lebih dari 75%. 
  • All Risk
    All Risk adalah jenis Asuransi yang menjamin semua jenis risiko kerugian, seperti kerusakan kecil karena body mobil lecet tergores, kerusakan besar karena kecelakaan, huru-hara, bencana alam, maupun risiko kehilangan kendaraan. 
Sedikit tips, Anda bisa memilih Asuransi jenis TLO apabila harga motor Anda kurang dari 30 juta rupiah, dan jika harga motor lebih dari 30 juta rupiah Anda bisa memilih Asuransi motor jenis Allrisk. Sebaiknya, pilihlah Asuransi motor allrisk terbaik dan bagus serta pastikan bahwa perusahaan Asuransi motor tersebut benar-benar menjamin semua risiko kerugian.

5. Banyaknya Ketersediaan Bengkel yang Menjadi Rekanan Asuransi
Ketersediaan bengkel yang menjadi rekanan Asuransi motor juga tak kalah penting untuk menjatuhkan pilihan perusahaan Asuransi motor yang baik dan bagus, bayak atau tidaknya jumlah ketersediaan bengkel dapat memudahkan Anda mencari bengkel rekan Asuransi ketika mengalami kerusakan pada motor. Hal ini juga bisa memudahkan dan mempercepat proses klaim kendaraan sepeda motor Anda kepada perusahaan Asuransi.

6. Kualitas Pelayanan
Kualitas pelayanan merupakan pertimbangan utama untuk menentukan pilihan perusahaan Asuransi motor yang baik dan bagus. Kualitas pelayanann yang dapat di perhatikan adalah keramahan petugas saat melayani pelanggan, fasilitas layanan hotline 24 jam, fasilitas mobil derek gratis, serta kemampuan dan kecepatan dalam menyelesaikan klaim dari pelanggannya. Perhatikan juga apakah perusahaan Asuransi tersebut pernah di nobatkan sebagai perusahaan Asuransi motor terbaik.

7. Pertimbangkan Besarnya Premi
Besarnya dan kecilnya premi yang di tawarkan menjadi pertimbangan untuk memilih perusahaan Asuransi motor baik dan bagus. Hati-hati jangan mudah tergiur dengan penawaran harga premi yang murah, sebaiknya Anda cek terlebih dulu fasilitas yang di berikan dari perusahaan Asuransi. Carilah informasi tentang harga rata-rata premi yang di anggap masih tahap kewajaran, dan juga Anda jangan menjatuhkan pilihan pada premi yang mahal sesuaikan dengan tingkat kemampuan keuangan agar tidak memberatkan Anda dan keluarga.

Harga premi Asuransi jenis TLO lebih murah di bandingan dengan harga premi jenis allrisk, jika Anda memilih harga premi jenis allrisk maka pilihkan Asuransi motor allrisk yang baik dan bagus. Saat melakukan klaim Asuransi motor :
  • Sebaiknya Anda buka kembali dokumen kesepakatan awal, apa saja resiko kerugian yang dijamin oleh perusahaan Asuransi motor Anda. Hal ini dilakukan Agar pengurusan klaim bisa cepat dan mudah tanpa terjadi kesalahan.
  • Apabila terjadi kecelakaan atau kehilangan motor, laporkan segera kepada pihak Asuransi, laporkan secepat mungkin selambat-lambatnya 3 x 24 jam sejak terjadinya kejadian.
  • Siapkan berkas-berkas untuk pengajuan klaim, diantaranya fotokopy SIM, KTP, STNK, data polis, kronologis kejadian singkat dan jelas, serta identitas orang yang terlibat dalam kejadian kecelakaan. Jika terjadi kehilangan kendaraan sepeda motor, segera mengurus surat kehilangan dari kepolisian.
  • Perusahaan Asuransi motor yang bagus berkinerja pofesional, maka ikuti alur atau tahap dari perusahaan Asuransi untuk menyelasaikan klaim, pastikan bahwa proses yang dilakukan oleh perusahaan Asuransi motor Anda sudah sesuai dengan alur sistem yang telah dibuat. 
  • Pantau terus perkembangan proses pengajuan klaim dan pastikan bahwa perusahaan Asuransi motor Anda sudah menyelesaikan klaimnya dengan cepat. Biasanya setelah Anda memasukkan berkas pengajuan klaim, klaim akan cair dalam kurun waktu kurang lebih 2 minggu. 

Selain agar pengajuan klaim kepada perusahaan Asuransi cepat cair, perlu Anda perhatikan juga agar menghindari tindakan-tindakan yang menyebabkan klaim Asuransi di tolak, di antarnay sebagai berikut :
  1. Melanggar rambu-rambu lalu lintas atau kebut-kebutan di jalan raya
  2. Memodifikasi motor yang dapat menimbulkan bahaya atau kecelakaan
  3. Mengemudikan kendaraan motor dalam keadaan mabuk, 
  4. dan lain sebagainya yang menyebabkan kerusakan motor di sengaja.

Nah, itulah tujuh tips memilih Asuransi motor yang baik dan bagus, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Tips Memilih Asuransi Sepeda Motor yang Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel